Sony SmartWatch 2 sebagai Layar Kedua Smartphone

Baru-baru ini Sony mengumumkan produk smartwatch, yaitu SmartWatch 2, yang bakal meluncur pada September mendatang. Ada sederet penyempurnaan dari SmartWatch pertama yang sudah ada di pasar saat ini. Apa saja?

SmartWatch 2 kini mendukung semua smartphone Android, di mana versi sebelumnya hanya mendukung Sony Xperia. Konektivitas dengan smartphone kini dapat melaui Bluetooth 3.0 atau juga menggunakan NFC.

SmartWatch 2 memiliki layar berwarna 1,6 inci dengan resolusi 220 x 176 pixel. Sony mengatakan layarnya akan tetap terbaca di bawah sinar matahari.

SmartWatch 2 tahan pada cipratan air sehingga pengguna dapat memakainya di bawah gerimis hujan atau saat mencuci tangan. Sony mewanti-wanti agar tidak menggunakannya pada saat mandi, berenang, menyelam, snorkeling, memancing, atau pekerjaan lain yang berkaitan dengan air.

Layar Kedua Smartphone

Dilihat dari fungsinya, seperti dikatakan oleh Sony, SmartWatch 2 merupakan layar kedua dari smartphone disamping memiliki fungsi yang berdiri sendiri. SmartWatch 2 merupakan pendamping dari smartphone yang dapat menerima notifikasi dan juga melakukan fungsi remote control.

Sebagai notifier, SmartWatch 2 akan menerima notifikasi smartphone yang berasal dari email, Gmail, Facebook, Twitter, panggilan telepon, dan lainnya. Pengguna cukup menggunakan jam pintarnya yang mudah diakses untuk melihat notifikasi tersebut sementara smartphone tetap berada di saku atau tersimpan di dalam tas.

Selain sebagai notifier, SmartWatch 2 juga berfungsi sebagai remote control dari smartphone. Melalui SmartWatch pengguna dapat mengontrol musik yang sedang diputar di smartphone, menangani panggilan telepon, memotret secara remote, mengontrol presentasi menggunakan aplikasi Presentation Pal, dan lainnya.

Yang tak kalah penting, SmartWatch 2 juga memiliki fungsi yang berdiri sendiri. Misalnya dengan aplikasi seperti Runtastic, pengguna dapat memetakan dan melacak aktivitas fitness-nya. Melalui aplikasi mapping tersebut pengguna juga dapat melihat rute yang telah dilalui saat joging atau bersepeda. Selain itu pengguna juga dapat membaca email yang telah diunduh sebelumnya tanpa terknoneksi ke smartphone.

Menurut Sony kini terdapat lebih dari 100 aplikasi untuk SmartWatch yang telah diunduh sebanyak 1 juta kali. Aplikasi terus dikembangkan oleh developer sehingga menambah fungsi-fungsi baru seperti kalender, info cuaca, dan lainnya.

Untuk isi ulang (charge) baterai, SmartWatch 2 menyediakan micro USB. Menurut Sony umur baterainya mencapai 3 sampai 4 hari untuk penggunaan normal untuk sekali isi ulang baterai. Tetapi bila penggunaannya di bawah normal atau jarang, umur baterai bisa mencapai 5 sampai 6 hari.

Anda berminat? Tunggu sampai September atau menunggu produk lain seperti dari Samsung atau mungkin dari Apple dan Google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s