Windows Phone 8: Bisa Diajak Bekerja dan Bersantai

Windows Phone 8 (WP8) menyematkan banyak feature yang menunjang produktivitas serta hiburan sehingga pengguna tidak selalu memerlukan perangkat lain seperti laptop atau komputer dalam mengerjakan atau menikmati konten tertentu.

wp8-features

Beberapa di antaranya yaitu:

1. Komunikasi via suara dan video

Setelah diakuisisi Microsoft, WP8 langsung mendukung penuh Skype dan mengintegrasikan VoIP untuk melakukan panggilan atau menjawab panggilan melalui internet. Pengguna bisa langsung melakukan panggilan dari daftar nomor kontak yang ada. Selain itu, pengguna juga akan menerima notifikasi jika ada panggilan Skype meski aplikasi ini sedang tidak terbuka. Dengan dukungan ini, pilihan komunikasi menjadi lebih banyak, baik melalui suara ataupun video.

2. Simpan data di awan

WP8 terintegrasi dengan layanan cloud Microsoft SkyDrive yang berguna untuk melakukan pencadangan (backup) data, termasuk aplikasi, tema, pengaturan, pesan teks, dan lainnya. Untuk foto dan video yang dihasilkan, pengguna bisa mengaturnya agar langsung tersimpan ke SkyDrive. Dengan dukungan konten definisi tinggi, pengguna bisa langsung menyimpannya dengan pilihan resolusi penuh tanpa mengalami pengecilan resolusi. Pengguna bisa memiliki akun secara gratis dan nantinya akan mendapati layanan kapasitas gratis sebesar 7GB.

3. Aplikasi Office

Aplikasi Microsoft Office telah didukung penuh pada WP8. Dengan satu paket lengkap, aplikasi Office versi mobile akan memudahkan pengguna untuk melihat, membuat, serta menyunting dokumen berbasis Word, Excel, atau PowerPoint. Kemudahan juga diberikan dengan adanya akses langsung ke email, SkyDrive, dan Office 365. Selain itu, OneNote yang terpisah dari Office akan makin memudahkan untuk mencatat dalam berbagai format teks dan audio.

4. Pesaing Siri

WP8 memiliki personal digital assistant yang mirip dengan Siri pada perangkat Apple. Feature ini mampu mengerjakan tugas-tugas atau perintah tertentu dari pengguna melalui perintah suara. Dengan database yang dimilikinya, asisten digital ini akan melakukan pencarian lokasi tertentu seperti restoran, bioskop, event, pengingat jadwal pertemuan, mengirim SMS/email, dan memberikan informasi arah maupun cuaca.

5. Aplikasi kamera yang lebih cerdas

Selain mampu memperbaiki hasil jepretan agar lebih menarik, feature Nokia City Lens akan menginformasikan lokasi dari suatu obyek yang dibidik. Menggabungkan teknologi Augmented Reality dengan layanan peta digital dari Nokia Map, pengguna bisa mengetahui fasilitas serta kondisi dari lingkungan sekitar obyek yang telah dipotret, seperti shopping mall, restoran, terminal, dan lainnya.

6. Layanan XBox

Microsoft membawa layanan Xbox Live ke dalam WP8 sehingga pengguna bisa merasakan sensasi bermain game yang seru melalui smartphone. Tidak hanya itu, layanan Xbox Music juga memberikan pilihan pada pengguna untuk mendengarkan, menyusun, serta membeli lagu yang tersedia dari 30 juta koleksi lagu dimiliki Microsoft.

7. Gudang aplikasi

Windows Phone Store dihadirkan dengan pilihan aplikasi yang makin lama makin bertambah. Hingga kini Microsoft mengklaim telah terdapat lebih dari 160.000 aplikasi pada store mereka. Ke depannya, aplikasi yang ada akan makin bertambah dengan banyaknya dukungan dari pengembang. Hal ini didukung dengan makin banyaknya produsen yang menghadirkan perangkat berbasis WP8. Di samping Nokia seri Lumia-nya, ada pula HTC, Samsung, dan Huawei yang menawarkan beragam pilihan WP8 dengan harga lebih terjangkau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s